Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS HAMBATAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PERSAMAAN AKUNTANSI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

ADEN NAIMAH HIDAYAH, - (2019) ANALISIS HAMBATAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PERSAMAAN AKUNTANSI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aden Naimah Hidayah, (2019) : Analisis Hambatan Komunikasi Pada Pembelajaran Ekonomi Materi Persamaan Akuntansi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hambatan komunikasi pada pembelajaran ekonomi materi persamaan akuntansi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru menjelaskan, namun beberapa siswa masih bingung dengan istilah-istilah baku dalam materi persamaan akuntansi, siswa sibuk mempersiapkan jawaban namun tidak memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh guru. Siswa yang mengetahui jawaban dari pertanyaan guru tetapi kurang percaya diri untuk mengungkapkan sehingga akhirnya hanya diam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS 1 Madrasah aliyah darul hikmah yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualiitatif dengan reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang penulis lakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa berdasarkan hasil 3 kali observasi dapat diketahui bahwa terdapat indikator hambatan komunikasi pada pembelajaran ekonomi materi persamaan akuntansi di madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan jawaban “Ya” sebanyak 16 dan “Tidak” sebanyak 8 kali, hasil penyajian data ini menyipulkan bahwa dari hasil observasi penulis siswa kelas XI IPS, analisis hambatan komunikasi pada pembelajaran ekonomi materi persamaan akuntansi di madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru adalah tidak baik dan guru harus mempunyai upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Kata kunci : Hambatan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:36
Last Modified: 25 Nov 2019 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22744

Actions (login required)

View Item View Item