Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFISIENSI PENGGUNAAN PROTEIN DAN INCOME OVER FEED COST AYAM RAS PEDAGING PERIODE STARTER YANG DIBERI PAKAN KOMERSIAL MENGANDUNG TEPUNG INDIGOFERA (INDIGOFERA SP.)

RachmadHidayat Z, - (2019) EFISIENSI PENGGUNAAN PROTEIN DAN INCOME OVER FEED COST AYAM RAS PEDAGING PERIODE STARTER YANG DIBERI PAKAN KOMERSIAL MENGANDUNG TEPUNG INDIGOFERA (INDIGOFERA SP.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsumsi protein dapat memengaruhi asupan protein ke dalam daging dan asam amino tercukupi di dalam tubuh ternak, sehingga metabolisme sel-sel dalam tubuh dapat berlangsung normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi protein, rasio efisiensi protein dan Income Over Feed Cost (IOFC) ayam ras pedaging periode starter yang diberi ransum komersial mengandung tepung Indigofera sp. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 ekor anak ayam ras pedaging umur sehari (Day Old Chicken; DOC), ransum komersial. fase starter dan tepung Indigofera sp. Rancangan yang digunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Perlakuan dimaksud adalah (R1) 100% ransum komersial sebagai kontrol, (R2) 97% ransum komersial + 3% tepung Indigofera sp, (R3)94% ransum komersial + 6% tepung Indigofera sp, dan (R4) 91% ransum komersial + 9% tepung Indigofera sp. Parameter penelitian yang diukur adalah konsumsi protein, rasio efisiensi protein dan Income Over Feed Cost (IOFC) ayam ras pedaging periode starter. Data dikoleksi dan dianalisis dengan analisis sidik ragam (ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ransum komersial yang mengandung tepung Indigofera sp memberikan efek tidak nyata terhadap konsumsi protein. namun demikian secara nyata memengaruhi (P<0.05) rasio efisiensi protein dan Income Over Feed Cost (IOFC) ayam ras pedaging periode starter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah subtitusi ransum komersial dengan tepung indigofera sp sampai level 9% tidak berpengaruh terhadap konsumsi protein ransum, tetapi berpengaruh nyata terhadap rasio efisiensi protein dan Income Over Feed Cost (IOFC) ayam ras pedaging periode starter. Kata kunci: Ransum Komersial, Tepung Indigofera sp., Konsumsi Protein Ransum, Rasio Efisiensi Protein, IOFC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:10
Last Modified: 07 Nov 2019 02:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21996

Actions (login required)

View Item View Item