Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN FP-GROWTH UNTUK PENGELOMPOKAN DAN REKOMENDASI PENAWARAN PRODUK

Imaduddin Syukra, - (2019) PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDS DAN FP-GROWTH UNTUK PENGELOMPOKAN DAN REKOMENDASI PENAWARAN PRODUK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (iii)-converted.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
3. ABSTRAK (x-xi).pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (vii-ix).pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI (xii-xiv).pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I (1-7).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II (8-26).pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III (27-33).pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV (34-58).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (60).pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

212 Mart Jalan Rambutan Kota Pekanbaru merupakan perusahaan yang bergerak dibidang retail. Memenuhi kebutuhan konsumen dan mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan merupakan suatu keharusan. Salah satu cara mengetahui kondisi pasar adalah mengamati data transaksi penjualan menggunakan Data mining. Metode data mining yang biasa digunakan untuk menganalisis keranjang pasar (market basket analysis) yaitu Association Rule. Association Rule dapat memberikan rekomendasi dan promosi produk, sehingga strategi pemasaran lebih tepat sasaran dan barang yang dipromosikan merupakan kebutuhan pelanggan. Pada 212 Mart, penentuan promosi produk didapatkan dari analisis laporan data transaksi penjualan, yaitu berdasarkan pada produk yang paling laku dan tanggal kedaluwarsa. Sering kali produk yang dipromokan tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan algoritma K-Medoids untuk clustering pada FP-Growth dalam menghasilkan rule rekomendasi produk pada jumlah dataset yang besar sehingga dapat memberikan rekomendasi teknik/cara baru pada pihak 212 Mart dalam penentuan promosi produk. Hasil yang didapatkan adalah dari percobaan jumlah cluster 3 sampai dengan 9 didapatkanlah cluster optimal sebanyak 3 cluster berdasarkan uji validitas Davies Bouldin Index dengan nilai sebesar 0,678. Dengan nilai minimum support sebesar 5% - 9% dan nilai minimum confidence 50% didapatlah hasil bahwa Association Rule ditemukan hanya pada cluster 3 sebanyak 5 rules. Kata Kunci: association rule, clustering, data mining, fp-growth, k-medoids

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 05 Nov 2019 04:59
Last Modified: 05 Nov 2019 04:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21930

Actions (login required)

View Item View Item