Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru

Mar'atuz Zakiyah, - (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAR’ATUZ ZAKIYAH.pdf

Download (37MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mar’atuz Zakiyah, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung (2) Ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari self esteem siswa (3) Ada tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Telkom Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, diperoleh kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran Quantum Learning dan kelas X TKJ-2 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini berupa posttest untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis, dan angket untuk mengukur self esteem siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung (2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung ditinjau dari self esteem siswa (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:22
Last Modified: 04 Nov 2019 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21893

Actions (login required)

View Item View Item