Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN MATERI AJAR HORMATI DAN SAYANGI ORANGTUA DAN GURUMU TERHADAP KESANTUNAN SISWA KEPADA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KELURAHAN LABUH BARU TIMUR KECAMATAN PAYUNG SEKAKI PEKANBARU

ANITA PERTIWI PUTRI, - (2019) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI AJAR HORMATI DAN SAYANGI ORANGTUA DAN GURUMU TERHADAP KESANTUNAN SISWA KEPADA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KELURAHAN LABUH BARU TIMUR KECAMATAN PAYUNG SEKAKI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (file lengkap semua lampiran kecuali bab 4)
GABUNGAN.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 4)
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anita Pertiwi Putri, (2018): Pengaruh Pemahaman Materi Ajar QS. Al-Isra’ Ayat 23-24 terhadap Kesantunan Siswa kepada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa materi ajar Qs. Al-Isra’ ayat 23-24 berpengaruh terhadap kesantunan siswa kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi ajar Qs. Al-Isra’ ayat 23-24 terhadap kesantunan siswa kepada guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pemahaman materi ajar Qs. Al-Isra’ ayat 23-24 dan kesantunan siswa kepada guru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa muslim kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru yang berjumlah 251 orang. Penarikan sampel penulis menggunakan teknik porposive sampling, yaitu penarikan sampel dengan alasan-alasan khusus tertentu yang berkenaan dengan sampel yang akan diambil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Untuk menganalisanya penulis menggunakan teknik korelasi serial. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa ada pengaruh pemahaman materi ajar Qs. Al-Isra’ ayat 23-24 terhadap kesantunan siswa kepada guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Kemudian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,553. Nilai ini lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,553>0,325. Dengan demikian hipotesa alternatif yang diajukan dalam penelitian ini yakni “ada pengaruh pemahaman materi ajar Qs. Al-Isra’ ayat 23-24 terhadap kesantunan siswa kepada guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Adapun besar pengaruh atau kontribusi pemahaman materi Qs. Al-Isra’ ayat 23-24 terhadap kesantunan siswa kepada guru di hubungan antara kebiasaan berbusana muslimah dan adab bergaul siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru adalah sebesar 31%, selebihnya yakni 69% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Pemahaman materi ajar, Qs. Al-Isra’ ayat 23-24, kesantunan siswa kepada guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:58
Last Modified: 31 Oct 2019 08:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item