Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

FITRIANI, 11315206203 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap berpikir kreatif matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasilnya diperoleh bahwa thitung ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 4,79 2,00. Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya diperoleh thitung ttabel pada taraf signifikan 5% yakni -0,0810 2,00. Adanya besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Kata kunci : STAD (Student Teams Achievement Divisions), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Awal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 18 Oct 2019 08:50
Last Modified: 18 Oct 2019 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item