Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Pekanbaru

Akmal Islami, - (2019) Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf

Download (54MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akmal Islami, (2019): Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap kepedulian siswa pada lingkungan sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental, dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 405 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X iis1 dan X iis2 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji – t komparasi. Berdasarkan hasil penelitian perolehan rata-rata skor pretest berupa angket kepedulian siswa sebelum diterapkan perlakuan (treatment) sebesar 87,27 sedangkan rata-rata skor posttest sesudah diterapkan perlakuan (treatment) sebesar 95,92 serta hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji – t komparasi dengan thitung = 3,416 dan ttabel = 2,035 maka disimpulkan thitung > ttabel, dengan kriteria tolak H0 artinya terdapat efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Pekanbaru yang signifikan antara sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Kata Kunci : Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok, Kepedulian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:41
Last Modified: 14 Oct 2019 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item View Item