Akmal Islami, - (2019) Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNG.pdf Download (54MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (733kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Akmal Islami, (2019): Efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam bimbingan kelompok terhadap kepedulian siswa pada lingkungan sekolah adiwiyata di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental, dengan bentuk desain One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 405 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X iis1 dan X iis2 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji – t komparasi. Berdasarkan hasil penelitian perolehan rata-rata skor pretest berupa angket kepedulian siswa sebelum diterapkan perlakuan (treatment) sebesar 87,27 sedangkan rata-rata skor posttest sesudah diterapkan perlakuan (treatment) sebesar 95,92 serta hasil uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji – t komparasi dengan thitung = 3,416 dan ttabel = 2,035 maka disimpulkan thitung > ttabel, dengan kriteria tolak H0 artinya terdapat efektivitas Teknik Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Kepedulian Siswa pada Lingkungan Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Pekanbaru yang signifikan antara sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Kata Kunci : Teknik Role Playing, Bimbingan Kelompok, Kepedulian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 03:41 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 03:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21260 |
Actions (login required)
View Item |