PERLINDUNGAN KONSUMEN MAKANAN DI KELURAHAN TUAHMADANI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH

Nur Samsiah, - (2019) PERLINDUNGAN KONSUMEN MAKANAN DI KELURAHAN TUAHMADANI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reserch) yang berlokasi di Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Latar belakang penulis mengambil judul ini karena adanya permasalahan kesenjangan antara yang ideal dan fakta, yang idealnya seharusnya pedagang makanan terbuka khususnya yang berada di lingkungan sekolah berdagang dengan mengutamakan pelindungan konsumen, faktanya para pedagang masih banyak para pedangang makanan terbuka yang menjual makanan dengan tidak memperhatikan keamanan dan ke higienisan makanan yang mereka jual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan makanan di kelurahan tuahnadani kecamatan tampan kota pekanbaru, apakah faktor penghambat yang mempengaruhi perlindungan konsumen di kelurahan tuahmadani kecamatan tampan kota pekanbaru dan bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap perlindungan konsumen makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan konsumen makanan terbuka menurut hukum islam. Karena penelitian ini dibatasi hanya pada perlindungan konsumen makanan pada lingkungan sekolah dasar, maka penelitian ini dilakukan di depan sekolah sekolah dasar yang berada di kelurahan tuahmadani kecamatan tampan kota pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 orang, dimana 10 orang pedagang makanan terbuka dan 15 orang sebagai konsumen. Pengambilan sample dilakukan dengan metode incidental Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan. Maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa perlindungan konsumen pada makanan yang berada di lingkungan sekolah belum terlindungi secara maksimal. Masih banyak pedagang dan konsumen yang tidak mengetahui tentang perlindungan konsumen, baik tentang hak maupun kewajiban nya. sebagian pedagang juga masih banyak yang mengguakan bahan kimia kedalam makanan yang dijual, tidak menjaga kebersihan, dan menggunakan perlengkapan jualan yang kotor. Faktor-Faktor yang mempengaruhi ketidak maksimalan perlindungan konsumen pada makanan ialah masih rendahnya pengetahuan konsumen dan pedagang mengenai hak dan kewajibannya, secara yuridis bahwa pedagang keliling makann trebuka belum terdaftar, rendahnya kesadaran pelaku usaha tentang keamanan makanan, dan tidak adanya pengawasan pihak sekolah maupun dinas kesehatan terkait keamanan makanandi lingkungan sekolah. Tinjauan Fiqh Muamalah mengenai perlindungan konsumen makanan terbuka di kel. Tuahmadani kec. Tampan kota Pekanbaru bahwa para pedaganag makanan belum sepenuhnya sesuai dengan hukum islam, dan belum sesuai dengan asas-asas bermuamalah, yaitu segala bentuk muamalah itu adalah boleh, selagi mengandung manfaat dan tidak memberikan mudharat bagi yang lain. Jual beli yang dilakukan adalah sah, tetapi dalam pengolaan dan penyajian nya belum sesuai dengan hukum islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 01 Oct 2019 01:29
Last Modified: 01 Oct 2019 01:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item