WIKE LUCKY (2017) EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca permulaan pada anak perlu dirangsang sejak usia dini. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya yang kreatif agar anak dapat belajar dengan kondisi yang menyenangkan. Salah satu upaya yang kreatif dalam pembelajran membaca permulaan yaitu menggunakan media flash card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media flash cardefektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak TK.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada anak TK kelompok B dengan menggunakan teknik simple random sampling, pengambilan kelas diambil dengan menggunakan undian dan didapat dua kelas, satu kelas untuk kelompok eksperimen dan satu kelas untuk kelompok kontrol. Setelah dilakukan screening jumlah subjek pada kelompok eksperimen berjumlah 6 orang dan kelompok kontrol berjumlah 5 orang.Screening yang dilakukan yaitu menggunakan alat tes inteligensi CPM dan pengenalan beberapa huruf-huruf alfabet. Alat pengumpul data yangdigunakan berupa lembar soal tes yang terdiri dari 48 aitem. Teknik analisis data menggunakan teknik nonparametrikMann Whitney Test.Penghitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data penghitungan gain-scorepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai tarafsignifikansi p=0,006. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrolyang berarti bahwa media flash cardefektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak TK. Kata Kunci:Kemampuan Membaca Permulaan, Media Flash Card, Taman Kanak-kanak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Evi - |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 08:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 08:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20935 |
Actions (login required)
View Item |