PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU

Sy. Intan Maharani P, - (2019) PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER HITAM PUTIH.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN (2).pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGESAHAN (1).pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik relaksasi dalam layanan konseling individual untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian. Subjek penelitian siswa kelas VIII.1 dan VIII.2. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre eksperimen design. Objek penelitian ini adalah penerapan teknik relaksasi dalam layanan konseling inividual untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabelitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk mengetahui dapat diterapkannya teknik relaksasi dalam layanan konseling individual untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian digunakan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata skor kecemasan siswa menghadapi ujian sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 105.2 dan setelah diberikan perlakuan (post-test) adalah 61.6. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh angka probabilitas Asymp. Sig. (2tailed) 0.043 < 0.05, yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik relaksasi dalam layanan konseling individual dapat diterapkan untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian. Kata kunci : Penerapan, Kecemasan menghadapi ujian, Relaksasi, Konseling individual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kecemasan menghadapi ujian, Relaksasi, Konseling individual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:27
Last Modified: 30 Sep 2019 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20918

Actions (login required)

View Item View Item