Sy. Intan Maharani P, - (2019) PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI DALAM LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER HITAM PUTIH.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERSETUJUAN (2).pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN (1).pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
|
Text
14. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik relaksasi dalam layanan konseling individual untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian. Subjek penelitian siswa kelas VIII.1 dan VIII.2. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pre eksperimen design. Objek penelitian ini adalah penerapan teknik relaksasi dalam layanan konseling inividual untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabelitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk mengetahui dapat diterapkannya teknik relaksasi dalam layanan konseling individual untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian digunakan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata skor kecemasan siswa menghadapi ujian sebelum diberi perlakuan (pre-test) adalah 105.2 dan setelah diberikan perlakuan (post-test) adalah 61.6. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh angka probabilitas Asymp. Sig. (2tailed) 0.043 < 0.05, yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik relaksasi dalam layanan konseling individual dapat diterapkan untuk mengurangi kecemasan siswa menghadapi ujian. Kata kunci : Penerapan, Kecemasan menghadapi ujian, Relaksasi, Konseling individual
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Kecemasan menghadapi ujian, Relaksasi, Konseling individual |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 07:27 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20918 |
Actions (login required)
View Item |