Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 3 PEKANBARU

Neka Firda Madiastuty, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI MAN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II OK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III OK.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa MAN 3 Pekanbaru pokok bahasan Koloid masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap pokok bahasan koloid kelas XI di MAN 3 Pekanbaru, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Mia 1 dan XI Mia 2, dimana kelas XI 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelasXI Mia 1 sebagai kelas eksperimendengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,57 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01, menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) melalui penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap hasil belajar kimia siswa di MAN 3 Pekanbaru, dan untuk koefisien pengaruh yaitu sebesar 12%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl), Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Hasil Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl), Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Hasil Belajar, Koloid
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:09
Last Modified: 30 Sep 2019 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20887

Actions (login required)

View Item View Item