Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Integratif Al-Quran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Di Provinsi Riau

Husnaini Zein (2018) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Integratif Al-Quran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Di Provinsi Riau. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201831DPAI_COVER.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201831DPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201831DPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201831DPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201831DPAI_ABTRAK.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201831DPAI_BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201831DPAI_BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201831DPAI_BAB III.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 201831DPAI_BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 201831DPAI_BAB V.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menyediakan bahan ajar bahasa arab integratif al-Quran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Pengembangan bahan ajar ini dilatarbelakangi karena sulitnya siswa memahami dan juga sulitnya guru mengajarkan materi bahasa arab sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juli s/d september 2017 pada madrasah-madrasah Tsanawiyah di Provinsi Riau. Hasil validasi bahan ajar masuk dalam kategori sangat valid dengan nilai 3,59. Pada uji lapangan terbatas disebarkan angket respon siswa dan respon guru untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar yang peneliti kembangkan. Untuk respon siswa berada pada kategori praktis dengan nilai 3,29, sedangkan repon guru berada pada kategori sangat praktis dengan nilai 3,50. Pada uji lapangan utama diperoleh respon siswa dengan kategori sangat praktis dengan nilai 3,69. Pada uji lapangan utama juga dikumpulkan hasil belajar siswa untuk aspek sikap, keterampilan dan juga pengetahuan. Untuk aspek sikap diperoleh kategori efektif dengan rata-rata 77,31, aspek keterampilan diperoleh kategori efektif dengan rat-rata 79,24, sedangkan untuk aspek pengetahuan dilakukan eksperimen untuk melihat pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII. Dari eksperimen yang dilakukan diperoleh hasil bahwa bahan ajar yang peneliti kembangkan berpengaruh secara signifikan dengan nilai T hitung sebesar 3,242. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa arab integratif al-Quran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Masih perlu dilakukan penelitian lanjutan terhadap pengembangan untuk mengetahui kesiapan penerapan bahan ajar tanpa kehadiran peneliti. Kata kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:38
Last Modified: 27 Sep 2019 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item View Item