Jarir (2018) Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Media Massa (Kajian Terhadap Rubrik Opini Riau Pos Tahun 2014-2017). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2. 201827DPAI_Lembar Pengesahan.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201827DPAI_Kata Pengantar.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201827DPAI_Abstrak.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201827DPAI_Bab 1.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201827DPAI_Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201827DPAI_Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. 201827DPAI_Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. 201827DPAI_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
11. 201827DPAI_Bab 6.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
12. 201827DPAI_Daftar Pustaka.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Kajian aspek pendidikan karakter di media massa dianggap masih jarang dilakukan karena kalah dengan isu-isu media massa lainnya, kajian media lebih sering pada sisi teknologi, teknis penulisan, aspek hukum (delik pers), dan aspek lainnya. Padahal sebagaimana amanah UU Pers No.40 bahwa fungsi media salah satunya edukasi (pendidikan). Penelitian ini dikhususkan pada rubrik opini Riau Pos sebagai media besar, yang menakhodai puluhan media di berbagai provinsi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung rubric opini Riau Pos. Khususnya edisi 2014-2017, yakni terkait sejak awal diberlakukannya kurikulum 2013, yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan contein analysis, yakni menganalisa Rubric Opini Riau Pos, terbitan tahun 2014-2017. Hasil penelitian menemukan bahwa; rubrik opini Riau Pos mengandung banyak nilai-nilai pendidikan karakter. Yakni: (1) Niai Religius, (a) Nilai Toleransi, (b) Berusaha dan Tawakal, (c) Penggunaan Waktu, (d) Sopan Santun. (2) Nilai-nilai Pendidikan Lingkungan; (a) Akhlak Lingkungan, (b) Fiqh Lingkungan, (c) Nilai-nilai Kearifan Budaya, (d) Nilai-nilai Ekonomi Berwawasan Lingkungan, (d) Nilai-nilai Kecerdasan Lingkungan, (f) Perilaku Ramah Lingkungan. (3) Nilai Pendidikan; (a) Revolusi Mental dan (b) Membangun Gerakan Literasi. (4) Nilai Cinta Tanah Air. (5) Kecerdasan Sosial. (6) Perilaku Berpolitik; (a) Demokrasi, (b), Kesantunan Politik Lokal. (7) Anti-korupsi. Dari temuan nilai-nilai pendidikan karakter, penulis menyimpulkan sesuai dengan amanah UU Pers No.40/2000 bahwa rubrik opini Riau Pos memiliki nilai-nilai edukasi (pendidikan). Hasil disertasi ini merekomendasikan, bahwa rubrik opini memiliki muatan pedidikan karakternya, Olah karena itu rubrik opini sangat penting, dan hendaknya dipertahankan eksistensinya di surat kabar harian Riau Pos, juga hendaknya untuk media lainnya. Keyword: Nilai, Pendidikan, karakter, media massa, rubrik opini
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 03:11 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 03:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20811 |
Actions (login required)
View Item |