Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Konsep Insân, An-nâs, Basyar, Bani Âdam Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Konstruksi Pendidikan Islam

M. Khoir Al-Kusyairi (2018) Konsep Insân, An-nâs, Basyar, Bani Âdam Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Konstruksi Pendidikan Islam. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201822DPAI_COVER.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201822DPAI_PENGESAHAN M. KHOIR AL-KUSYAIRI.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201822DPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201822DPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201822DPAI_ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201822DPAI_BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201822DPAI_BAB II.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201822DPAI_BAB III.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
9. 201822DPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 201822DPAI_BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201822DPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

Disertasi ini mengkaji tentang konsep manusia dalam al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Konstruksi Pendidikan Islam. Pengkajian ini dilatarbelakangi karena dalam sejarah, Pendidikan Islam pernah mengalami kemajuan yakni pada masa Rasulullah sampai kepada masa khalifah Abbasiyah. Setelah itu, Pendidikan Islam mengalami kemunduran hingga saat ini. Diantara faktor yang menyebabkan kemunduran tersebut adalah konstruksi pendidikan yang dibangun tidak mampu menjawab kebutuhan zaman. Ketidakmampuan tersebut disebabkan karena berbagai bentuk bangunan formulasi pendidikan belum mengacu pada hakikat manusia karena belum dikaji secara komprehensif. Manusia menjadi tema sentral dalam al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dalam al-Qur’an sejak awal hingga akhir seluruhnya ditujukan untuk manusia. Al-Qur’an menamakan manusia setidaknya ada empat macam yakni insân, an-nâs, basyar, dan bani âdam. Dari empat istilah ini, penulis mencoba menggali konsep manusia dalam al-Qur’an dan dari konsep tersebut ditawarkan suatu konstruksi pendidikan Islam yang sesuai dengan kodrati manusia. Pengkajian ini menggunakan metode tafsir maudlu’i lewat pendekatan semantik al-Qur’an. Dengan metode maudlu’i penulis mencoba menelusuri kata insân, an-nâs, basyar, bani âdam dalam ayat al-Qur’an. Setelah terkumpul kemudian penulis mengklasifikasikan dan menganalisis ayat tersebut dengan merujuk kepada kitab-kitab tafsir baik tafsir klasik maupun modern. Dari penelusuran ini dihasilkan bahwa penggunaan kata insân selalu mengarah kepada aspek pengembangan intelektual. Sedangkan penggunaan kata an-nâs lebih menitikberatkan kepada pengembangan spritual dan sosial. Selanjutnya kata basyar dalam al-Qur’an lebih mengacu pada pengembangan jasmaniah. Adapun penggunaan kata bani âdam selalu mengacu pada konteks persamaan derajat manusia dan konteks tauhidiyah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:47
Last Modified: 27 Sep 2019 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20802

Actions (login required)

View Item View Item