INDAH MAYYANI, 11318202614 (2017) PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 GENDUANG KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Genduang Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Genduang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan media kartu bergambar (flash card) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, data dikelompokan dan dicari rata-rata dan persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan media kartu bergambar (flash card) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 38,46%. Kemudian setelah menerapkan media kartu bergambar (flash card) hasil belajar siswa pada siklus I meningkat 69,23%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat 92,31%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Genduang Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 07:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20762 |
Actions (login required)
View Item |