Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENYULUHAN HUKUM OLEH NOTARIS KEPADA MASYARAKAT DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2004 TENTANG JABATAN NOTARIS

ABDUR RAHMAN GUNAWAN (2017) PELAKSANAAN PENYULUHAN HUKUM OLEH NOTARIS KEPADA MASYARAKAT DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2004 TENTANG JABATAN NOTARIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Abdurrahman Gunawan (2017): Pelaksanaan Penyuluhan Hukum Oleh Notaris Kepada Masyarakat Di Kota Pekanbaru Berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 Tentang Jabatan Notaris. Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penyuluhan hukum yang di lakukan oleh notaris di Kota Pekanbaru berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris dan kendala-kendala notaris dalam pelaksanaan penyuluhan hukum di Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis yang bersifat lapangan (field research) yang berlokasi di Kota Pekanbaru lebih khususnya di kantor notaris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyuluhan hukum yang di lakukan oleh notaris berdasarkan UUJN dan untuk mengetahui kendala-kendala notaris dalam memberikan penyuluhan hukum kepada klien. Maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari lapangan, termasuk dari responden yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Data sekunder yaitu Yaitu data yang diperoleh melalui kepustakaan, dokumen-dokumen serta perundang-undangan yang bersifat mendukung dari data primer. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah setelah data terkumpul, maka penulis akan melakukan pengelompokan dan penulisan terhadap data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mengklarifikasikan data berdasarkan persamaan jenisnya. Dari penelitian yang penulis lakukan di temukan bahwa pelaksanaan penyuluhan hukum yang di lakukan oleh notaris di Kota Pekanbaru berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris. Penyuluhan hukum yang dilakukan oleh notaris terdapat dalam dua bentuk: 1) Penyuluhan hukum yang diikuti dengan pembuatan akta. Notaris memberikan penjelasan mengenai keadaan hukum yang sebenarnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjelaskan hak dan kewajiban para pihak agar tercapai kesadaran hukum yang tinggi dalam masyarakat, jujur, tidak berpihak dan dengan penuh rasa tanggung jawab. b) Penyuluhan hukum tanpa diikuti dengan pembuatan akta. Notaris mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk dapat memberikan atau tidak dapat memberikan penyuluhan hukum kepada para pihak. sedangkan kendala-kendala notaris dalam memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat di Kota Pekanbaru adalah keterbatasan dana, tidak adanya sarana dan prasarana khusus yang tersedia, keterbatasan waktu, lambatnya pemahaman masyarakat terhadap hukum, dan kurangnya kedasaran masyarakat untuk mempelajari hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 21 Sep 2019 15:09
Last Modified: 21 Sep 2019 15:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item