PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK NASABAH BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PASIR PENGARAIAN

INSAN SRI RATNA DEWI RANGKUTI, (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK NASABAH BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PASIR PENGARAIAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Insan Sri Ratna Dewi Rangkuti (2017): Perlindungan Hukum terhadap Hak- Hak Nasabah Berdasarkan Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Pasir Pengaraian Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap hak-hak nasabah berdasarkan Undang-Undang No 8 tahun 1999 dan pertanggung jawaban Bank Rakyat Indonesia Cabang Pasir Pengaraian terhadap hak nasabah yang dirugikan. Penelitian ini adalah penelitian sosiologis, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan melakukan observasi dan wawancara. Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang berupa bahan tertulis seperti buku, peraturan perundang-undangan dan data dari instansi atau lembaga tempat penelitian yang yang berhubungan dengan masalah yang dibahas dalam penelitian. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif kualitatif, yaitu setelah data terkumpul, dat-data tersebut diklarifikasikan dalam kategori-kategori atas dasar persamaan jenis dari data tersebut. Kemudian data tersebut dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga akan diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa perlindungan hukum terhadap hakhak nasabah berdasarkan Undang-Undang No 8 tahun 1999. Dalam praktik perbankan berlaku ketentuan bahwa nasabah yang akan menyimpan dananya disuatu bank dilakukan bukan dengan cuma-cuma. Nasabah berhak untuk menerima bunga atas dana yang disimpan pada bank tersebut. Secara yuridis, hubungan antara bank dengan nasabah penyimpan adalah berkaitan satu sama lain, disatu pihak nasabah menginginkan dana yang dimilikinya aman dengan dititipkan pada bank, disisi yang lain bank mengharapkan masyarakat menitipkan dananya pada bank yang bersangkutan dengan harapan dana yang terkumpul nantinya dapat disalurkan melalui kredit dan bank memperoleh imbalan bunga dari pihak debitur. Sedangkan Pertanggung jawaban Bank Rakyat Indonesia Cabang Pasir Pengaraian terhadap hak nasabah yang dirugikan adalah dalam bentuk pertanggung jawaban pidana, bentuk pertanggung jawaban perdata dan bentuk pertanggung jawaban alternatif penyelesaian sangketa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 20 Sep 2019 17:46
Last Modified: 20 Sep 2019 17:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item View Item