Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TERM-TERM DAN RELAVANSI FRUSTASI DALAM PANDANGAN AL-QURAN ( TINJAUAN DARI SUDUT PSIKOLOGI )

MOHD SYAFIQ IDLAN BIN YUSOFF (2017) TERM-TERM DAN RELAVANSI FRUSTASI DALAM PANDANGAN AL-QURAN ( TINJAUAN DARI SUDUT PSIKOLOGI ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BABA III (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, bahwa sekarang semakin banyak orang mengalami frustasi tatkala ditimpa persoalan dan musibah. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu dihadapkan pada berbagai ujian dan cobaan. Adapun faktor psikologi yang mendorong orang bunuh diri adalah dukungan sosial kurang, baru kehilangan pekerjaan, kemiskinan, putus cinta, huru-hara psikologi, konflik berat pengungsi dan sebagainya. Hal ini menjadi ketertarikan penulis untuk mengadakan kajian mengenai masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah konsep frustasi. (2) Ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan tentang frustasi. (3) Bagaimana keterkaitan Frustasi dalam pandangan Al-Quran dengan Ilmu psikologi. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah ditinjau dari jenis penelitian merupakan penelitian library research dengan kitab-kitab tafsir seperti Tafsir Sya’rawi, dan tafsir yang berkaitan sebagai sumber primernya, buku yang berkaitan dengan Psikologi sebagai sumber sekundernya. Karena sumber data penelitian skripsi ini dari Al-Quran, maka dalam mengkaji skripsi ini penyusun menggunakan metode Maudhu’i (tematik). Menghimpun ayat dan ayat-ayat baik dari satu surat maupun beberapa surat yang berbicara tentang frustasi dan mengaitkan antara satu dengan yang lainnya, kemudian mengambil kesimpulan menyeluruh tentang masalah tersebut. Hasil penelitian yang ditemukan penulis pada kajian ini antara lainnya : )1) Ketegangan emosi yang timbul karena kegagalan untuk mencapai suatu tujuan dan kegagalan untuk menghasilkan suatu dari tindakan yang berlaku. )2) Penafsiran Al-Quran tentang Frustasi, ada 2 kata yang membawa searti dengan frustasi kata ya’ûs ( سُو ؤَي ( dan kata al-qanathu ( ََؤَالق .( Kata ya’ûs ( سُو ؤَي ( kata lain seasal dengan kata ini dalam Al-Quran, yaitu (Surah Hûd : 9 ), (Surah Fushshilât : 49), (Surah Al-Isrâ’ : 83 ), (Surah Al-Mâidah : 3 ), (Surah Al-Mumtahanah : 13), (Surah Al-‘Ankabuut : 23), (Surah Yûsuf : 80 dan 110), (Surah At-Thalâq : 4 ), (Surah Ar-Ra’d : 31) dan (surah Yûsuf : 87). Kata al-qanathu ( ََؤَالق ( terdapat dalam 6 ayat, yaitu (Surah Asy-Syûrâ : 28), (Surah Az-Zumar : 53), (Surah Al-hijr : 56 ), (Surah Ar-Rûm : 36), (Surah Al-Hijr : 55), dan (Surah Fushshîlat : 49). )3) Analisa keterkaitan ayat-ayat tentang frustasi dengan psikologi. Setiap orang dalam kehidupan pasti pernah memiliki problema yang dialaminya. Problema dihadapi oleh masingmasing tersebut amat bervariasi, dan biasanya tidak bisa terlepas dari pemenuhan kebutuhan dari setiap individu. Setiap orang memiliki keinginan untuk dapat mencukupi kebutuhan. Berbagai jalan dan usaha dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhannya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:09
Last Modified: 20 Sep 2019 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item