Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) SIDOGIRI PEKANBARU

RENDY NOFIARDI (2017) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN GADAI EMAS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) SIDOGIRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Rendy Nofiardi (2017) :Strategi Pemasaran Pembiayan Gadai Emas Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru Skripsi ini berjudul :“ STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAN GADAI EMAS SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) SIDOGIRI PEKANBARU ”. Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan penulis, bahwa terdapat kurangnya promosi dalam strategi pemasaran pembiayaan gadai emas syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru, sedangkan untuk jumlah nasabah gadai emas syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru terus mengalami peningkatan, hal ini berdasarkan data yang peneliti temukan dilapangan. Rumusan masalah penelitian ini adalah, bagaimana strategi pemasaran pembiayaan gadai emas syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru, apa faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran pembiayaan gadai emas syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran pembiayaan gadai emas syariah yang dilakukan oleh BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan pada BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pekanbaru di Jalan Delima No. 17 komplek ruko Rindu Serumpun III Arengka Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang yang terdiri dari 1 orang kepala cabang BMT, 4 orang karyawan BMT dan 25 nasabah gadai emas syariah. Karena populasi sedikit, maka sampelnya diambil semua populasi. Metode pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Pekanbaru terhadap produk gadai emas syariah dengan menggunakan marketing mix: produk (Product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Faktor pendukungnya adalah lokasi yang mudah dijangkau, mempunyai daya saing terhadap lembaga keuangan lainnya dalam segi harga dan pelayanan yang prima. Faktor penghambatnya adalah adanya produk pesaing dari lembaga keuangan lainnya, tingkat kepercayaan masyarakat yang masih lemah tentang BMT, sehingga masyarkat lebih memilih untuk bertransaksi melalui bank atau pegadaian yang dianggap memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan BMT. Dalam pandangan ekonomi Islam, strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT UGT Sidogiri Pekabaru telah sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:12
Last Modified: 19 Sep 2019 09:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20449

Actions (login required)

View Item View Item