PENGARUH HARGA SEPEDA DAN KETERSEDIAAN JASA SERVIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO SAM BICYCLE DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

HABIZAL AZHARI, (2017) PENGARUH HARGA SEPEDA DAN KETERSEDIAAN JASA SERVIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO SAM BICYCLE DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Habizal Azhari (2017) ;” PENGARUH HARGA SEPEDA DAN KETERSEDIAAN JASA SERVIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO SAM BICYCLE DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU”. Latar belakang penelitian ini adalah dalam keputusan pembelian sepeda seorang konsumen tentu memilih toko yang lengkap, harga yang relatif murah ditambah adanya fasilitas penunjang seperti adanya jasa servis agar meningkatkan minat konsumen dalam bertransaksi, seperti Toko Sam Bicycle salah satu toko yang menyediakan bermacam-macam sepeda dari sepeda anak-anak sampai dengan sepeda orang dewasa, harga yang dijual relatif murah ditambah adanya jasa servis yang seharusnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk membeli sepeda tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah 145 konsumen Toko Sam Bicycle yang diambil dari rata-rata konsumen perbulannya. Peneliti membatasi sampel dengan rumus slovin didapat hasil sebesar 59 orang dan dibulatkan menjadi 60 responden, maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang konsumen. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa harga dan ketersediaan jasa servis terhadap keputusan pembelian konsumen berpengaruh signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefesien korelasi sebesar 0,621, maka hubungan antara variabel harga dan jasa servis (X) terhadap (Y) keputusan pembelian berhubungan positif yang sangat kuat. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam uji (F) simultan didapatkan hasil karena F hitung sebesar 17,907 > F tabel sebesar 3,16 dan signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya variabel harga dan jasa servis secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan. Pengaruh masing – masing variabel bebas variabel harga (X1) menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,254 > T tabel 1,672 dengan siginifikasi 0,012<0,05 dari taraf signifikan 5% hal ini menunjukkan bahwa dapat dikatakan Ha diterima. Artinya berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jasa servis (X2) menunjukkan nilai t hitung sebesar 1,640 > t tabel 1,672 dengan siginifikasi 0,107>0,05 yang lebih besar dari taraf signifikan 5% hal ini menunjukkan bahwa dapat dikatakan Ho diterima. Artinya variabel jasa servis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai R Square sebesar 0.386 (38,6%), artinya kemampuan dari variabel harga dan jasa servis (X) dalam menerangkan keputusan pembelian konsumen (Y) adalah sebesar 38,6%, sedangkan 61,4% nya lagi diterangkan oleh variabel-variabel lain yang tidak diungkapkan dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi Islam terhadap harga dan ketersedian jasa servis pada Toko Sam Bicycle secara umum sudah sesuai dengan ekonomi Islam, karena harga yang ditawarkan di toko ini sudah digolongkan murah, serta Toko Sam ii Bicycle telah memberikan informasi yang benar terhadap sepeda yang hendak dibeli oleh konsumen. Jasa servis yang disediakan juga demikian selain pelayanan yang ramah, serta didukung mekanik yang andal. Semua kegiatan itu tidak ada penulis temukan yang menyimpang dari perspektif ekonomi Islam artinya toko ini sudah berjalan dengan aturan aturan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:25
Last Modified: 17 Sep 2019 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20334

Actions (login required)

View Item View Item