PANDANGAN MASYARAKAT DESA BINUANG KEC.BANGKINANGTENTANG FOTO PRAWEDDING DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

Dinda Rafika Dayu, - (2019) PANDANGAN MASYARAKAT DESA BINUANG KEC.BANGKINANGTENTANG FOTO PRAWEDDING DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. PENGESAHAN.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. KATA PENGANTAR Baru.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah cara bagaimana masyarakat melakukan pelaksanaan foto sebelum pernikahan (prawedding) pada masyarakat desa Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan foto sebelum pernikahan (prawedding) pada masyarakat desa Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi penulis terhadap responden baik pemuka agama, pemuka masyarakat, beberapa masyarakat maupun orang yang melaksanakan foto sebelum pernikahan (prawedding) yang mana adanya kejanggalan dalam pelaksananaan foto prawedding, sehingga adanya keinginan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan foto prawedding pada masyarakat desa Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang, penulis menjadikan seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sumber data terdiri dari sumber data sekunder dan sumber data primer yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket, dan Perpustakaan. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan bahwa dalam pelaksanaan foto sebelum pernikahan (Prawedding) terdapat beberapa masalah diantaranya: pelaksanaan foto sebelum pernikahan (Prawedding) dilakukan dengan cara bersentuhan, membuka aurat, serta berikhtilat. Berdasarkan hasil penelitian melalui Observasi,Wawancara,Angket, dan Perpustakaan dapat diketahui pelaksanaan foto sebelum pernikahan (Prawedding) pada masyarakat desa Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar tidak dibolehkan dalam Islam. Dikarenakan dari segi pelaksanaannya tidak sesuai dengan ajaran Islam, karena dalam Islam sudah diatur batasan-batasan calon suami-istri, namun pada masyarakat desa Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar mereka tidak memperhatikan batasan-batasan tersebut, diantaranya: adanya saling bersentuhan antara calon suami-istri, pelaksanaan foto prawedding dengan menggunakan pakaian yang tidak menutup aurat, serta terjadinya campur baur antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 13 Sep 2019 08:19
Last Modified: 13 Sep 2019 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20204

Actions (login required)

View Item View Item