EWIL MIDELA, 11217204202 (2017) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK BUZZ GROUP MENGGUNAKAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS TARUNA MANDIRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yang dilatar belakangi oleh hasil belajar kimia siswa Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri yang masih rendah dengan nilai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik Buzz Group dengan menggunakan peta konsep (Concept Mapping) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia di kelas X Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu X1 sebagai kelas ekperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih dengan cara sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dokumentasi, observasi. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji F dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung =2,08 dan ttabel = 1,99 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan teknik Buzz Group dengan menggunakan peta konsep (Concept Mapping) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas X Sekolah Menengah Atas Taruna Mandiri pada pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 6,29%. Kata Kunci: Teknik Buzz Group, Peta Konsep (Concept Mapping), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:34 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20059 |
Actions (login required)
View Item |