Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR

CERIA PURNAMASARI, 11217204010 (2017) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MADRASAH ALIYAH NEGERI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Karakteristik materi kimia yang beragam membutuhkan perhatian terhadap kebutuhan siswa salah satunya yaitu kecenderungan gaya belajar yang dimiliki siswa, untuk itu gaya belajar merupakan hal yang perlu diteliti dalam hubungannya dengan kemampuan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif kimia siswa Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Data gaya belajar diperoleh dari skor angket, wawancara dan observasi terhadap siswa, nilai kemampuan kognitif diperoleh dari hasil tes kemampuan kognitif kimia siswa pada materi struktur atom. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri Kampar, sedangkan objek penelitian adalah hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual lebih banyak daripada kecenderungan gaya belajar audio disusul oleh kecenderungan gaya belajar kinestetik dan siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual pada materi struktur atom memiliki nilai kemampuan kognitif yang lebih baik. Selanjutnya data hasil pengamatan hubungan antara gaya belajar dan kemampuan kognitif kimia siswa diuji dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil pengolahan data diperoleh rxy = 0,838 > rt = 0,361, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel gaya belajar dengan variabel kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Kata kunci : Gaya Belajar Siswa, Kemampuan Kognitif Siswa, Materi Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:00
Last Modified: 12 Sep 2019 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20025

Actions (login required)

View Item View Item