FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BMT-UGT SIDOGIRI CABANG PEKANBARU

RIYON RAHMA PUTRA, (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BMT-UGT SIDOGIRI CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul“Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru”. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah pada tahun 2012 sampai dengan 2015 ada peningkataan jumlah nasabah, sedangkan BMT-UGT Sidogiri ini merupakan lembaga keuangan yang berpusat di Pasuruan Jawa Timur yang mana belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaanya namum dilihat dari data perkembangan nasabah mengalami peningkatan setiap tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor yang mepengaruhi prilaku konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru dan bagaimana tinjaun ekonomi Islam terhadap prilaku konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru yang bertempat Jalan Delima Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Pengambilan sampel sebanyak 86 responden nasabah berdasarkan rumus Slovin dari 607 populasi. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, angket, wawancara. Metode penulisan secara dedukatif yakni penulis menggunakan kaidah atau pendapat yang bersifat umum dan diambil kesimpulan secara khusus dengan permasalahan dibahas. Selanjutnya penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan data untuk tabulasikan kemudian dikaitkan dengan konsep yang relevan dan diuraikan secara sistematis dengan metode kualitatif yaitu penjelasan data yang berbentuk, kata, kalimat, skema, dan gambar. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa faktot-faktor yang mepengaruhi prilaku konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanabaru adalah dari faktor budaya karena sudah sesuai dengan syariat Islam, dari faktor sosial karena motivasi teman seprofesi, dari faktor pribadi karena keuntungan atau margin yang rendah dibandingkan dengan lembaga keuangan lainya, dan kemudian dari faktor psikologis karena menggunakan sistem bagi hasil (margin). Kemudian dari hasil rekapitulasi skor angket apa yang mempengaruhi prilaku konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanabaru termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 57,17% karena berada pada rentan antara 56%-75%. Selanjutnya tinjauan ekonomi Islam terhadap keputusan menjadi nasabah di BMT-UGT Sidogiri Cabang Pekanbaru sudah sesuai dengan ekonomi Islam yaitu tidak adanya tambahan maupun denda atas pembayaran yang ditagguhkan dan margin (keuntungan) yang ditetapkan relatif rendah. Keyword: Prilaku Konsumen, Keputusan Menjadi Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 12 Sep 2019 05:30
Last Modified: 12 Sep 2019 05:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20013

Actions (login required)

View Item View Item