PENERAPAN KONSEP WALI ADIL PADA PERKAWINAN MENURUT MAZHAB SYAFI’I DI KELURAHAN PASAR KOTANOPAN KECAMATAN KOTANOPAN

ABDULLAH PURBA, (2017) PENERAPAN KONSEP WALI ADIL PADA PERKAWINAN MENURUT MAZHAB SYAFI’I DI KELURAHAN PASAR KOTANOPAN KECAMATAN KOTANOPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian inidilatarbelakangi oleh adanya pernikahan yang dilakukan oleh seorang wali yang fasik pada masyarakat yang mayoritas bermazhab Syafi’i. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pendapat Mazhab Syafi’i tentang wali ‘adil sebagai syarat sahnya akad nikah, Apakah faktor-faktor yang menyebabkan persyaratan wali ‘adil tidak diterapakan pada pernikahan di Kelurahan Pasar Kotanopandanbagimana analisa Hukum Islam tentang wali ‘adil pada pernikahan di Kelurahan Pasar Kotanopan, Kecamatan Kotanopan.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahuipendapat Mazhab Syafi’i tentang wali ‘adil sebagai syarat sahnya akad nikah, untuk mengetahui Apakah faktor-faktor yang menyebabkan persyaratan wali ‘adil tidak diterapakan pada pernikahan di Kelurahan Pasar Kotanopan, untuk mengetahui analisa Hukum Islam tentang wali ‘adil pada pernikahan di Kelurahan Pasar Kotanopan, Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Kelurahan Pasar Kotanopan, Kecamatan Kotanopan. Metode analisa data yang digunakan metode Kualitatif.Subjekpenelitianiniadalah masyarakat yang menjadiwalinikah di tahun 2015dan ‘alimulama yang bertempat tinggal di KelurahanPasar Kotanopan, KecamatanKotanopan.Sementara objek dalam penelitian ini adalah penerapan Mazhab Syafi’i tentang wali adil sebagai syarat sahnya akad nikah pada Kelurahan Pasar Kotanopan, Kecamatan Kotanopan dan analisa Hukum Islam tentang wali ‘adil sebagai syarat sahnya aqad nikah.Populasi dalam penelitian ini seluruh masyarakat yang menjdi wali nikah ditahun 2015 berjumlah 27 orangdan alim ulama yang berada di Kelurahan Pasar Kotanopan, Kecamatan Kotanopan, karena mengingat jumlahpopulasi yang sangat sedikit makapenulis mengambil keseluruhannya, dengan teknik total sampling. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Dalam teknikpengumpulan data penelitian, menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesionerdan study pustaka. Adapun metode penulisan dalam penelitian adalah metode deduktif, metode induktif, danmetodedeskriptif. Pada masyarakat Kelurahan Pasar Kotanopan Kecamatan Kotanopan terdapat seorang wali dalam pernikahan tidak memenuhi syarat perwalian menurut konsep mazhab Syafi’I. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi, keusioner danwawancara, penulis menemukan bahwa masyarakat Kelurahan Pasar Kotanopan yang menjadi wali dalam pernikahan tidak mengetahui bahwa syarat sah menjadi wali dalam pernikahan itu harus ‘adil dan dalam pelaksanaan akad nikahmasih banyak para wali yang gugur syarat perwaliannya karena perbuatan mereka. Disamping itu Kompilasi Hukum Islam tidak mensyaratkan bahwa wali dalam pernikahan itu harus ii ‘adil sebagaimana yang dilaksanakan oleh Pegawai Kantor Urusan agama. Mereka hanya memberikan pencerahan dan mengajak kepada yang menghadiri acara akad nikah tersebut untuk beristigfar dan memohon ampun kepada Allah SWT supaya dosa-dosa yang terdahulu diampuni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 11 Sep 2019 16:35
Last Modified: 11 Sep 2019 16:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19961

Actions (login required)

View Item View Item