PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU

LILI ROMAITO, 11311205043 (2017) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FITYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 1 orang dan Siswa-siswi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fityah Pekanbaru yang berjumlah 54 siswa dari 2 kelas, penelitian tidak menggunakan sampel. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengelolaan kelas sebagai Variabel bebas ( X ) dan Motivasi belajar siswa sebagai Variabel terikat ( Y ). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Angket, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan kelas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa Pengelolaan kelas yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam ialah sebesar 71,91% atau dalam kategori baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ialah sebesar 70,42% atau dalam kategori baik. Melalui uji SPSS korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,9299 lebih besar daripada rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,2681<0,9299>0,3477 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ftyah Pekanbaru dari hasil penelitian ini, diharapkan guru selalu memperhatikan pengelolaan kelas untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:11
Last Modified: 11 Sep 2019 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19859

Actions (login required)

View Item View Item