Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PREFERENSI MASYARAKAT BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI MALAYSIA DALAM MEMENUHI PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi di Desa Tanjungsamak Kecamatan Rangsang )

AHMAD RIADIN (2016) PREFERENSI MASYARAKAT BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI MALAYSIA DALAM MEMENUHI PEREKONOMIAN KELUARGA MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi di Desa Tanjungsamak Kecamatan Rangsang ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Preferensi Masyarakat Bekerja Sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia Dalam Memenuhi Perekonomian Keluarga Menurut Ekonomi Islam ( Studi di Desa Tanjungsamak Kecamatan Rangsang ).” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat desa Tanjungsamak kecamatan Rangsang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) di Malaysia. Masalah pokok yang di teliti dalam penelitian ini adalah Mengapa masyarakat lebih memilih bekerja menjadi TKI di Malaysia? Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap masyarakat bekerja sebagai TKI di Malaysia? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa masyarakat lebih memilih bekerja menjadi TKI di Malaysia, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap masyarakat bekerja menjadi TKI di Malaysia. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field reserch ) yang berlokasi di desa Tanjungsamak kecamatan Rangsang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang yang bekerja sebagai TKI di Malaysia berjumlah 118 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu salah satu penarikan sampel berdasarkan penilaian siapa-siapa saja yang pantas untuk dijadikan sampel. Penulis mendapati 30 orang TKI yang berada di lokasi penelitian, dan studi pustaka yaitu mengkaji buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan preferensi masyarakat desa Tanjungsamak tentang bekerja menjadi TKI di Malaysia karena upah yang lebih tinggi, kurangnya lapangan pekerjaan di desa Tanjungsamak dan lokasi dekat dengan kampung halaman. Menurut pandangan ekonomi Islam pekerjaan mereka di Malaysia seperti tukang bangunan, jaga toko, tukang kebun dan lain-lain tidak bertentangan dengan konsep islam, namun proses kedatangan mereka ke Malaysia bertentangan dengan aturan yang berlaku, karena tujuan passport tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Hal ini dapat merugikan dirinya sendiri dan negara. Jika tertangkap hukumannya sangat berat. Sehingga dapat disimpulkan proses TKI masuk ke Malaysia mengandung lebih banyak kemudharatan dari pada kemaslahatan. Dari aspek ini maka islam menganjurkan setiap orang yang akan bekerja harus sesuai dengan prosedur dimana mereka akan bekerja. Bertujuan agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 10 Sep 2019 14:00
Last Modified: 10 Sep 2019 14:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19824

Actions (login required)

View Item View Item