Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BARBASIS ELABORASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

NOVA DWIJAYANTI, 11215204647 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BARBASIS ELABORASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan modul berbasis elaborasi yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah menengah pertama kelas VIII di SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A di SMP IT Az-Zuhra Pekanbaru yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan, dan tes yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu pretest sebagai pengukur hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan modul yang telah dikembangkan, dan posttest sebagai pengukur hasil belajar matematika siswasetelah menggunakan modul berbasis elaborasi. Tes dilaksanakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan modul berbasis elaborasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa modul berbasis elaborasi sudah valid dengan persentase 76,25% dan sudah praktis dengan persentase 86,44%. Dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa modul berbasis elaborasi dinyatakan berhasil, dilihat dari peningkatan nilai ratarata siswa pada test pretest dan posttest siswa . pada pretest nilai rata-rata siswa 62,57, dan pada posttest nilai rata-rata siswa 86,57. Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul berbasis elaborasi yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:44
Last Modified: 09 Sep 2019 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item View Item