FENI ISMILAWATI, 11311200994 (2017) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU TERHADAPMOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARULHIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa interaksi edukatif guru mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi edukatif guru Fikih, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dan pengaruh interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, sedangkan objeknya adalah interaksi edukatif guru Fikih dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 555 orang siswa, sedangkan sampelnya ditarik sebesar 20% dengan jumlah 111 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara proportionate stratified random sampling. Untuk mengumpulkan data tentang interaksi edukatif guru Fikih dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih, digunakan teknik angket yang disusun dengan mengikuti skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase dan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Interaksi edukatif guru Fikih tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 81,29%. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih tergolong tinggi dengan persentase sebesar 79,71%. 3) Ada pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,697 (rh) . Koefisien korelasi sebesar 0,697 lebih besar dari r tabel ( rt) baik pada taraf signifikan 5% = 0,186 maupun 1% = 0,243. Besarnya pengaruh atau kontribusi variabel interaksi edukatif guru terhadap variabel motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru adalah sebesar 48,58%, sedangkan sisanya yaitu 51,42% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 08:04 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 08:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19615 |
Actions (login required)
View Item |