Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI PASANGAN NIKAH USIA DINI TERHADAP KONSEP KELUARA SAMARA (STUDI DI DESA RIMBA MELINTANG KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR)

RAUDATUL JANNAH (2016) PERSEPSI PASANGAN NIKAH USIA DINI TERHADAP KONSEP KELUARA SAMARA (STUDI DI DESA RIMBA MELINTANG KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Adapun yang melatarbelakangi penulisan penelitian ini, bahwasanya tidak semua orang yang menikah pada usia matang dan sukses dalam segala hal bisa membentuk keluarganya menjadi keluarga yang samara. Apalagi seseorang yang masih berusia dini, masih banyak tergantung dengan orang tuanya terutama dalam hal ekonomi, sangat sulit untuk bisa membentuk keluarganya menjadi keluarga yang samara, meskipun ada yang bisa membentuk keluarganya menjadi keluarga yang samara tergantung kepada orang tua tetapi tidak banyak dan jarang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa motivasi pasangan dalam melakukan pernikahan diusia dini (2) Bagaimana persepsi pasangan nikah usia dini terhadap konsep keluarga samara. (3) Bagaimana upaya dari pasangan nikah usia dini dalam menerapkan konsep keluarga samara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field reseach) yang dilaksanakan di Desa Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini, (1) Untuk mengetahui motivasi pasangan dalam melakukan pernikahan di usia dini (2) Untuk mengetahui persepsi pasangan nikah usia dini terhadap konsep keluarga samara (3) Untuk mengetahui upaya pasangan nikah usia dini dalam menerapkan konsep keluarga samara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pasangan nikah dini di Desa Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Sementara objek penelitiannya adalah persepsi pasangan nikah dini di Desa Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dan sampel dalam penulisan ini berjumlah 20 orang dengan mengunakan teknik total sampling. Dalam pengumpulan data penelitian, mengunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Selanjutnya, data tesebut dianalisis data kualitatif. Adapun metode penulisan dalam penelitian adalah teknik deduktif, induktif dan deskriptif. Kemudian, setelah berbagai data yang dibutuhkan diperoleh dan dianalisis, sehingga diperoleh suatu kesimpulan bahwa motivasi pasangan dalam melakukan pernikahan diusia dini di Desa Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir adalah sebagai berikut: 1) putus sekolah 2) hamil di luar nikah 3) dijodohkan orang tua 4) ekonomi lemah. Persepsi Pasangan Nikah Usia Dini Terhadap Konsep Keluarga Samara di Desa Rimba Melintang, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir adalah sebagai berikut: bahwa meski memutuskan menikah pada usia yang masih dini tidak menutup kemungkinan untuk tidak bahagia, seluruh responden merasa bahagia, merasakan ketenangan, merasakan cinta dan kasih sayang di dalam keluarganya. Adapun upaya pasangan nikah usia dini dalam menerapkan konsep keluarga samara yaitu dengan Menciptakan kedamaian serta kententraman dalam rumah tangga, bermusyawarah, hidup mandiri, saling melayani, menerima apa adaya, dan menciptakan suasana islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 08 Sep 2019 16:07
Last Modified: 08 Sep 2019 16:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19542

Actions (login required)

View Item View Item