Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGELOLAAN AIR DI BAWAH TANAH MELALUI PROGRAM PAMSIMAS DITINJAU DARI KEPUTUSAN MENTERI NOMOR 1451 K/10/MEM/2000 DI DESA GERINGGING BARU KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

MUHAMAD JAKA PERMANA (2016) PELAKSANAAN PENGELOLAAN AIR DI BAWAH TANAH MELALUI PROGRAM PAMSIMAS DITINJAU DARI KEPUTUSAN MENTERI NOMOR 1451 K/10/MEM/2000 DI DESA GERINGGING BARU KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) merupakan salah satu program AMPL-BM (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat) di Indonesia. Program PAMSIMAS adalah aksi nyata pemerintah (pusat dan daerah) dengan dukungan bank dunia, untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalalah bagaimana Pelaksanaan Pengelolaan Air Dibawah Tanah melalui Program PAMSIMAS ditinjau dari Keputusan Menteri Nomor 1451 K/10/MEM/2000 di Desa Geringging Baru Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi dan apa kendala dalam Pelaksanaan Pengelolaan Air Dibawah Tanah melalui program PAMSIMAS ditinjau dari Keputusan Menteri Nomor 1451 K/10/MEM/2000 di Desa Geringging Baru Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pengelolaan Air di Bawah Tanah melalui Program PAMSIMAS ditinjau dari Keputusan Menteri Nomor 1451 K/10/MEM/2000 di Desa Geringging Baru Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi dan untuk mengetahui kendala Pelaksanaan Pengelolaan Air Dibawah Tanah Melalui Program PAMSIMAS Ditinjau dari Keputusan Menteri Nomor 1451 K/10/MEM/2000 di Desa Geringging Baru Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang Kepala Desa, 7 (tujuh) orang BPD (Badan Permusawaratan Desa), 6 (enam) orang LPM (Lembaga Pemberdayaan Desa), 3 (tiga) orang dari BPSPAMS (Badan Pengurus Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi), Semuanya dijadikan sampel dengan teknik Total sampling, Disamping itu 200 KK (Kepala Keluarga) Dusun Mawar diambil sebagai sampelnya 20 orang KK dengan teknik Random sampling, yang menjadi informan adalah Kepala Desa, BPD, LPM, dan BPSPAMS. Dalam pengumpulan ii data penulis, melakukan observasi dan wawancara serta angket yang diambil dilokasi penelitian. Analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan Pengelolaan Air di Bawah Tanah Melalui program PAMSIMAS ditinjau dari Keputusan Menteri Nomor 1451 K/10/MEM/2000 di Desa Geringging Baru Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, tidak efektif dikarenakan kurangnya partisifatif masyarakat terhadap program PAMSIMAS, hal itu dapat dilihat dari kurangnya keinginan masyarakat untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan serta pemantauan dan pengawasan terhadap sarana program PAMSIMAS. Hal ini terbukti dari hasil observasi peneliti kelapangan dan wawancara yang dilakukan dengan Kepala Desa, Badan Permuswaratan Desa, Lembaga Pemberdayaan Desa, dan Badan Pengelolaan Sistem Air Minum dan Sanitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 08 Sep 2019 08:46
Last Modified: 08 Sep 2019 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item View Item