Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGUJIAN OLEH DINAS PERHUBUNGAN DAN INFORMATIKA KABUPATEN MANDAILING NATAL TERHADAP KENDARAAN ANGKUTAN UMUM DALAM HAL UJI LAIK JALAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009

NELLI HAYATI (2016) PENGUJIAN OLEH DINAS PERHUBUNGAN DAN INFORMATIKA KABUPATEN MANDAILING NATAL TERHADAP KENDARAAN ANGKUTAN UMUM DALAM HAL UJI LAIK JALAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pengujian Dinas Perhubungan dan Informatika terhadap kendaraan angkutan umum dalam hal uji laik jalan di Kabupaten Mandailing Natal, faktor penghambat dalam melakukan pengujian oleh Dinas Perhubungan dan Informatika terhadap kendaraan angkutan umum dalam hal uji laik jalan di Kabupaten Mandailing Natal dan penegakan hukum oleh Dinas Perhubungan dan Informatika terhadap pelanggaran uji laik jalan kendaraan angkutan umum di Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis penelitian hukum sosiologis yang bersifat lapangan (field research) yang berlokasi di Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara, lebih khususnya di kantor Dinas Perhubungan dan Informatika Mandailing Natal, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data primer yaitu data yang penulis peroleh secara langsung dengan mengajukan wawancara dan angket terhadap sampel dalam penelitian. Data sekunder yaitu data yang sudah dijadikan atau merupakan data yang sudah ada sebelumnya, yang penulis peroleh dengan mengumpulkanya melalui buku-buku, peraturan perundang-undangan, serta sumber lain yang berkaitan dengan masalah penelitian ini. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif kualitatif, yaitu setelah data terkumpul, data-data tersebut diklarifikasikan ke dalam kategori-kategori atas dasar persamaan jenis dari data tersebut kemudian data tersebut dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga akhirnya akan diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Dari penelitian yang penulis lakukan di temukan bahwa Pengujian Dinas Perhubungan dan Informatika terhadap kendaraan angkutan umum dalam hal uji laik jalan di Kabupaten Mandailing Natal adalah dengan memeriksa izin trayek, pengujian pendahuluan, pengujian bersama dan memberikan pembinaan. Faktor penghambat dalam melakukan pengujian oleh Dinas Perhubungan dan Informatika terhadap kendaraan angkutan umum dalam hal uji laik jalan di Kabupaten Mandailing Natal adalah faktor pengemudi (sopir), faktor pembentukan peraturan perundang-undangan, faktor sarana dan prasarana lalu ii lintas, faktor kondisi kendaraan, dan faktor aparat. Sedangkan penegakan hukum yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dan Informatika terhadap pelanggaran uji laik jalan kendaraan angkutan umum di Kabupaten Mandailing Natal adalah dengan memberikan peringatan tertulis, di tilang, pencabutan izin dan tindak pidana. Akan tetapi yang terjadi di lapangan penegakan hukum yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan belum bisa berjalan sesuai dengan yang telah ditetapkan, karena aparatnya sendiri saja belum bisa menjalankan aturan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 08 Sep 2019 06:28
Last Modified: 08 Sep 2019 06:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19522

Actions (login required)

View Item View Item