NASHRULLAH (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KARTU KARTU SORTIR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017955PAI.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017955PAI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017955PAI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017955PAI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017955PAI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017955PAI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017955PAI.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017955PAI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017955PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017955PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017955PAI.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan strategi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe kartu sortir terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi product moment. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa dan guru. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe kartu sortir dan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Sementara itu populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMPN 5 Pekanbaru tahun ajaran 2016 / 2017. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 180 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah random sampling. Dalam pengolahan data tersebut menggunakan bantuan computer program SPSS versi 16,0. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe kartu sortir terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dikelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru sebesar 0.665. dari hasil uji hipotesis dapat diketahui Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini mengandung arti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe kartu sortir terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pekanbaru dengan pengaruh sebesar 44.2%. Kata kunci: Pembelajaran aktif tipe kartu sortir, minat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 01:22 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 01:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19320 |
Actions (login required)
View Item |