PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL- ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR

LIYA ROSDAYANTI ANNUR, 11211203957 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CATATAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL- ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, diketahui bahwa guru telah menerapkan beberapa metode dan strategi pembelajaran, salah satunya adalah metode ceramah dan tanya jawab, namun sebagian siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dengan kata lain hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Adapun gejala-gejala yang ditemui bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah, masih ada sebagian siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan guru, dan masih banyak siswa yang tidak mendengarkan ketika guru menerangkan materi pelajaran. Atas dasar itulah penulis tertarik melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan strategi catatan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian eksperimen, peneliti membagi objek atau subjek yang diteliti menjadi 2 kelompok yaitu kelompok treatmen (eksperimen) yang mendapatkan perlakukan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XA Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio yang berjumlah 28 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran catatan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di XA Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan dari penelitian ini yaitu “Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di kelas X Madrasah Aliyah Al-Islam Rumbio Kecamatan Kampar pada post test lokal kontrol dengan post test lokal eksperimen. Dengan to = -8,600 berarti lebih besar dari pada tt tanda matematika (minus) dalam hal ini dihilangkan pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% (2,05 < 8,600 > 2,77) yang berarti hipotesis nihil diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa antara skor post test kelas kontrol dan post test kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 04 Sep 2019 09:08
Last Modified: 04 Sep 2019 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19182

Actions (login required)

View Item View Item