NINA RAHMANISA, 11211204261 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Bagaimana kedisiplinan Guru Pendidikan Agama dalam mengajar di SMP Tri Bhakti Pekanbaru, (2)Bagaimana prestasi belajar Agama Islam siswa di SMP Tri Bhakti Pekanbaru, dan, (3)Apakah ada pengaruh yang siknifikan antara Persepsi siswa tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dengan Prestasi belajar siswa di SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Untuk menjawab pertanyaan di atas telah dilaksanakan penelitian dari pertengahan bulan Agustus hingga November tahun 2016 di SMP Tri Bhakti Pekanbaru dengan subjek penelitian seluruh siswa muslim di kelas VIII SMP Tri Bhakti Pekanbaru. Pengumpulan data kedisiplinan guru dalam mengajar (variabel independent) dengan menggunakan angket dalam bentuk skala likert dengan empat pilihan jawaban dan untuk (variabel dependent) prestasi belajar siswa, data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dengan melihat nilai ulangan siswa. Untuk menjawab rumusan masalah pertama data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk menjawab rumusan masalah kedua yakni tentang prestasi belajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan rumus mean. Sedangkan untuk menganalisis pengaruh antara persepsi siswa terhadap prestasi belajar, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis product moment. Dalam pengolahan data menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kedisiplinan guru dalam mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikategorikan “sangat baik” dengan persentase sebesar 84%. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong cukup atau sedang dengan rata-rata sebesar 77,57 pada rentang 78-83. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini dilihat dari r hitung > r tabel (0,195<0,540>0,256). Hubungan antara kedisiplinan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tergolong pada kategori “sedang”, karena nilai koefisien korelasi tentang kedisiplinan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah sebesar 0,540 terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,599.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 08:07 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 08:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19072 |
Actions (login required)
View Item |