Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN TES SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAMSEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016

TENGKU SYARIFAH WIKASARI, 11217200220 (2017) ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN TES SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN ALAMSEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Banyak faktor penyebab permasalahan yang dialami pada proses pembelajaran, salah satunya dapat dilihat dari instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan dan dibuat oleh guru. Instrumen belajar tersebut dapat terdiri dari butir soal. Guru di SMAN 6 Pekanbaru belum pernah melakukan analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMAN 6 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 yang ditinjau dari aspek kualitatif dan aspek kuantitatif. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban siswa kelas XI IPA (terdiri dari XI IPA 1- XI IPA 6) yang berjumlah 192 orang siswa. Soal ujian akhir semester genap ini terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan soal yang tidak sesuai untuk aspek kualitatif terdiri dari 8 butir soal (26.7%) dari segi materi, 12 (40%) butir soal dari segi konstruksi, dan 23 butir soal (76.6%) dari segi bahasa. Sedangkan pada aspek kuantitatif 3 butir soal (10%) yang tidak valid, soal mempunyai reliabilitas tinggi yaitu 0.72, pada daya pembeda terdiri dari 3 butir soal (10%) kategori jelek, 11 butir soal (36.7%) kategori sedang, 16 butir soal (53.3%) kategori baik. Pada tingkat kesukaran terdiri dari 2 butir soal (6.9%) kategori sukar, 22 butir soal (72.4%) kategori sedang dan 6 butir soal (20.7%) kategori mudah. Distraktor yang tidak berfungsi sebanyak 27 option (23%). Kesimpulan pada penelitian ini rata-rata soal yang tidak sesuai pada aspek kualitatif adalah 47,7% berarti kualitas soal kurang baik. Untuk aspek kuantitatif, pada validitas, reliabilitas, daya beda dan distraktor termasuk kriteria baik, sedangkan tingkat kesukaran belum mempunyai proporsi yang seimbang. Kata Kunci : Analisis Instrumen Tes, Analisis Kualitatif, Analisis Kuantitatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:49
Last Modified: 02 Sep 2019 05:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18816

Actions (login required)

View Item View Item