Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI MENGUJI PEMAHAMAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU

YESSI RATNA SARI, 11218202520 (2017) PENERAPAN STRATEGI MENGUJI PEMAHAMAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

V SD Negeri 181 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa ke arah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi menguji pemahaman dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa pada kelas V SD Negeri 181 pekanbaru pada materi bangun ruang. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 181 pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 181 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata aktivitas belajar siswa 67,59 %, dan siklus II 79,22%. Aktivitas guru siklus I 73.95% sementara siklus II 80.20 %. Aktivitas siswa siklus I yaitu 61.36% kemudian pada siklus II menjadi 77,22% Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa strategi menguji pemahaman terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Strategi Menguji Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:45
Last Modified: 02 Sep 2019 05:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18815

Actions (login required)

View Item View Item