GEBY PRAYUAN DINATA (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017842KI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017842KI.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017842KI.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017842KI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017842KI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017842KI.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017842KI.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017842KI.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017842KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017842KI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017842KI.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 308 orang. Berhubung populasi cukup besar, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru dianalisis secara statistik dengan teknik regresi linier sederhana. Setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa ada Pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru yakni sebesar 0,542 dengan tingkat pobabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari r observasi > r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,232 < 0,542 > 0,302). Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional sebesar 29,4% sedangkan sisanya 70,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keaktifan, Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18805 |
Actions (login required)
View Item |