Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU

GEBY PRAYUAN DINATA (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017842KI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017842KI.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017842KI.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017842KI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017842KI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017842KI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017842KI.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017842KI.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017842KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017842KI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017842KI.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian adalah siswa, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 308 orang. Berhubung populasi cukup besar, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 75 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru dianalisis secara statistik dengan teknik regresi linier sederhana. Setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa ada Pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional di SMP Negeri 4 Pekanbaru yakni sebesar 0,542 dengan tingkat pobabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari r observasi > r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,232 < 0,542 > 0,302). Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional sebesar 29,4% sedangkan sisanya 70,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keaktifan, Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:15
Last Modified: 02 Sep 2019 05:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

View Item View Item