Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KOLOID

DEWI ARTIKA SARI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DISERTAI METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017788PK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017788PK.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017788PK.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017788PK.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017788PK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017788PK.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017788PK.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017788PK.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017788PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017788PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017788PK.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperiment dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa pada materi koloid. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disertai metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan AlamSMA Negeri 2 Pekanbaru pada materi koloid.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI IPA 2 (eksperimen) dan X IPA 1 (kontrol).Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi yang digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 82,29 sedangkan kelas kontrol adalah 78,88. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji tes “t”, maka diperoleh nilai thitung = 2,64 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel,sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning disertai metode praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 2 pekanbaru pada materi koloid, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 8%. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Praktikum, Kemampuan Kognitif, Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:23
Last Modified: 30 Aug 2019 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item View Item