PITRI RATNA SARI (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017776KI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017776KI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017776KI.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017776KI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017776KI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017776KI.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017776KI.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017776KI.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017776KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017776KI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017776KI.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang kurang memiliki motivasi dalam mengikuti layanan informasi. Hal tersebut tampak banyaknya siswa yang cendrung pasif, melamun atau melakukan kegiatan lain. penelitian ini menggunakan media film untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti layanan informasi. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen Desaign dengan jenis Randomized Pretets-Posttest Control Group Desaign. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film dalam layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan rencana penelitian pretest dan posttes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas VIII (kelas kontrol). Untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberi treatment, dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data pretest (data awal) digunakan untuk melakukan uji kesamaan rata-rata dan data posttest (data akhir) digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh treatment yang diberikan. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan tes “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,14 dan ttabel = 1,99, dimana thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5 %, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah layanan informasi dengan media film. Hal ini menunjukkan bahwa layanan informasi dengan menggunakan media film efektif terhadap motivasi belajar siswa dengan pengaruh 58,3% dan termasuk dalam rentang katagori cukup. Sehingga dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dalam layanan informasi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Media Film, Layanan Informasi, dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 08:51 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 08:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18639 |
Actions (login required)
View Item |