MAUZILLA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS BUDHI LUHUR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017763PIPS-E.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017763PIPS-E.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017763PIPS-E.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017763PIPS-E.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017763PIPS-E.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017763PIPS-E.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017763PIPS-E.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017763PIPS-E.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017763PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017763PIPS-E.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR_PUSTAKA_2017763PIPS-E.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pemberlajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Budhi Luhur. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purpovise sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan test. observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel model pemnelajaran berpikir induktif. Tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar ekonomi siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembejaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru. Hal ini diperoleh dengan hasil analisis regresi linear sederhana dimana r hitung sebesar 0,426 lebih besar dari r tabel. Baik pada tarif signifikan 5% adalah 0,244 maupun pada taraf signifikan 1% adalah 0,317 ( 0,244 < 0,426 > 0,317 ). Kontribusi pengaruh model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada masa pembelajaran ekonomi adalah sebesar 18,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 08:09 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 08:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18611 |
Actions (login required)
View Item |