ANALISIS USER EXPERIENCE SISTEM IRAISE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE HEURISTICS(STUDI KASUS : UIN SUSKA RIAU)

RUSDIANTORO SAPUTRA, (2017) ANALISIS USER EXPERIENCE SISTEM IRAISE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE HEURISTICS(STUDI KASUS : UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riaumerancang sistem informasiyang diberi nama iRaise(intregated academic information system) yang bertujuanuntuk mengelola data akademik dan kemahasiswaan. Telah resmidigunakanmulaitahunajaran2015/2016namun sistem masih banyakdikeluhkan oleh pengguna.Inidibuktikan dengan tingkat angkapengaduan yang cukup tinggi mencapai 230laporan selama tiga bulan pengamatan yang dikirim oleh pengguna di grup iRaise Helpdesk facebook.Beberapa permasalahan yang dikeluhkan adalah feedback sistem yang tidak mudah dipahami, sulitlogin dan beberapa kendala lainnya.Faktor-faktor seperti ini akan mempengaruhipengalaman pengguna karena sistem tidak memberikan informasidanpanduanyang baik.Menggunakan metode User Experience Heuristicsoleh Leena Arhippainen untuk menganalisis pengalaman yang dirasakan penggunaterhadap sistem iRaise. Metode ini memiliki ruang lingkup yang luas dan memiliki 10 parameter yang dapat mengukur setiap aspek pengalaman pengguna dengan baik.Instrumenpenelitian menggunakan kuesioner yangdisebar kepada 115 mahasiswa, 100 dosen dan 30 admin pada setiap jurusan yang adauntukmengetahui aspek yang berpengaruh terhadap pengalaman pengguna. Hasil persentasetiap kriteria pada kuesioner yang diajukan kepada responden berada pada predikat “Good” (untuk predikat yang sering muncul). Ini membuktikan bahwa sistem iRaise memiliki tingkat user experience yang baik. Namun berdasarkan data hasil analisis juga membuktikan bahwaerrorsistem, loading lama, dan data tidak lengkap menjadi aspek yang paling banyak dikeluhkan pengguna.Kata Kunci: Human Computer Interaction,User Experience, User Experience Heuristics, User Interface

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 28 Aug 2019 08:05
Last Modified: 28 Aug 2019 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item View Item