RUSDIANTORO SAPUTRA (2017) ANALISIS USER EXPERIENCE SISTEM IRAISE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE HEURISTICS(STUDI KASUS : UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riaumerancang sistem informasiyang diberi nama iRaise(intregated academic information system) yang bertujuanuntuk mengelola data akademik dan kemahasiswaan. Telah resmidigunakanmulaitahunajaran2015/2016namun sistem masih banyakdikeluhkan oleh pengguna.Inidibuktikan dengan tingkat angkapengaduan yang cukup tinggi mencapai 230laporan selama tiga bulan pengamatan yang dikirim oleh pengguna di grup iRaise Helpdesk facebook.Beberapa permasalahan yang dikeluhkan adalah feedback sistem yang tidak mudah dipahami, sulitlogin dan beberapa kendala lainnya.Faktor-faktor seperti ini akan mempengaruhipengalaman pengguna karena sistem tidak memberikan informasidanpanduanyang baik.Menggunakan metode User Experience Heuristicsoleh Leena Arhippainen untuk menganalisis pengalaman yang dirasakan penggunaterhadap sistem iRaise. Metode ini memiliki ruang lingkup yang luas dan memiliki 10 parameter yang dapat mengukur setiap aspek pengalaman pengguna dengan baik.Instrumenpenelitian menggunakan kuesioner yangdisebar kepada 115 mahasiswa, 100 dosen dan 30 admin pada setiap jurusan yang adauntukmengetahui aspek yang berpengaruh terhadap pengalaman pengguna. Hasil persentasetiap kriteria pada kuesioner yang diajukan kepada responden berada pada predikat “Good” (untuk predikat yang sering muncul). Ini membuktikan bahwa sistem iRaise memiliki tingkat user experience yang baik. Namun berdasarkan data hasil analisis juga membuktikan bahwaerrorsistem, loading lama, dan data tidak lengkap menjadi aspek yang paling banyak dikeluhkan pengguna.Kata Kunci: Human Computer Interaction,User Experience, User Experience Heuristics, User Interface
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 08:05 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 08:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18605 |
Actions (login required)
View Item |