HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

TETI ESRINA HARAHAP, (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017747PGMI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017747PGMI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017747PGMI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017747PGMI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017747PGMI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017747PGMI.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017747PGMI.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017747PGMI.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017747PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017747PGMI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017747PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemapuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai siswa tidak mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah, selain itu juga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 183 orang. Peneliti mengambil sampel sebanyak 45 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling, yaitu dengan pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi serial.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahawa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil tersebut terbukti dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% atau 0,288<0,6768>0,372 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Guru, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:28
Last Modified: 28 Aug 2019 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18569

Actions (login required)

View Item View Item