Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

ZULHAJJI (2017) PELAKSANAAN BIMBINGAN SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017740KI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017740KI.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017740KI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017740KI.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017740KI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017740KI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017740KI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017740KI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017740KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017740KI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017740KI.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan sosial dalam mengembangkan perilaku sosial siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan sosial dalam mengembangkan perilaku sosial siswa di madrasah tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptip kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa, objek dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan bimbingan sosial dalam mengembangkan perilaku sosial siswa, Informan dalam penelitian adalah guru bimbingan konseling dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan secara naratif . Hasil penelitian menggambarkan bahwa guru bimbingan konseling melaksanakan bimbingan sosial dalam mengembangkan perilaku sosial siswa, bimbingan sosial diberikan kepada siswa menggunakan layanan informasi dan penguasaan konten dengan metode ceramah, memberiakan motivasi kepada siswa, mengadakan evaluasi pelaksanaan bimbingan sosial dan menindaklanjuti layanan yang diberikan. Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan sosial dalam mengembangkan perilaku sosial siswa yaitu lingkungan tidak menghambat proses pelaksanaan bimbingan sosial, guru bimbingan konseling telah memberikan layanan bimbingan konseling selama 8 tahun, dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat yaitu guru bimbingan konseling berlatar belakang bukan pendidikan SI bimbingan konseling kurangnya minat siswa ketika mengikuti layanan bimbingan sosial dan guru mata pelajaran belum berpartisipasi dengan guru bimbingan konseling dalam proses bimbingan di sekolah. Kata Kunci : Bimbingan Sosial dan Mengembangkan Perilaku Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:01
Last Modified: 28 Aug 2019 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item