Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DALAM PEMBENTUKAN KELURGA SAKINAH (Studi Terhadap Pengikut Tarekat Naqsyabandiyah Kelurahan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir)

DODI EFENDI (2018) PERAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DALAM PEMBENTUKAN KELURGA SAKINAH (Studi Terhadap Pengikut Tarekat Naqsyabandiyah Kelurahan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018543AH.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018543AH.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018543AH.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018543AH.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018543AH.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018543AH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018543AH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018543AH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018543AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018543AH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018543AH.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Keluarga sakinah merupakan suatu hal yang didambakan oleh setiap orang yang sudah berumah tangga supaya menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Banyak persoalan yang muncul dalam keluarga yaitu kurang terpenuhinya factor ekonomi, kurangnya pemahaman tentang agama sehingga mudah marah dan hatinya tidak tenang. Dari factor tersebut akan berdampak pada ketidak harmonisan keluarga. Karena tujuan dari suatu pernikahan adalah untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah. Salah satu upaya untuk mengatasi ketidak tenangan jiwa yaitu dengan memperbanyak berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jama’ah Tarekat Naqsyabandiyah merupakan salah satu jalan dan wadah untuk berdzikir kepada Allah SWT. Majelis Tarekat Naqsyabandiyah terebut semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendoakan kepada kedua orang tua, guru-guru. Dengan berdzikir diharapkan dapat menjadi pribadi yang shalih-shalihah sabar dan tenang dalam menghadapi berbagai macam persoalan kehidupan. Hal tersebut selaras dengan visi dan misi tarekat naqsyabandiyah yaitu membentuk keluarga yang shalih-shalihah sejahtera lahir dan batin. Atas dasar tersebut penulis ingin meneliti dan mendeskripsikan bagaimana bagaimana peran dan keterkaitannya tarekat naqsyabandiyah dalam pembentukan keluarga yang sakinah. Atas dasar latar belakang di atas penulis melakukan penelitian tentang peran Tarekat Nasyabandiyah dalam pembentukan keluarga sakinah, dengan mengunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif analisis dengan mengunakan pendekatan sosiologis dan fenomenologis. Kemudian menganalisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan mengambil data-data dengan melakukan observasi dan interview secara langsung. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa participant observasition dan indepthinterview sebagai metode pengumpulan data utama. Hasil penelitian bahwa kegiatan Majelis Tarekat Nasyabandiyah berpengaruh dalam pembentukan keluarga sakinah yaitu timbulnya kasih saying antara orang tua kepada anak, anak kepada orang tua ataupun semua anggota keluarga. Pengalaman jama’ah Majelis Tarekat Nasyabandiyah memberi dorongan lebih baik dan meningkatnya kualitas beribadah. Peran Tarekat Naqsyabandiyah Kabupaten Rokan Hilir mampu memberikan ketenangan, kenyamanan, kesabaran serta membentuk keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:21
Last Modified: 28 Aug 2019 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18479

Actions (login required)

View Item View Item