Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU

FITRIA, 11211200355 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pada strategi belajar The Learning Cell terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: “Apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell terhadap keaktifan belajar siswa?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi ksperimen. Dalam hal ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru bidang studi sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 40 Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 40 Pekanbaru dengan menggunakan strategi belajar The Learning Cell. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi, dalam penelitian ini pertemuan dilakukan sebanyak empat kali, pada pertemuan pertama ini tanpa perlakuan tindakan dan mengadakan prerespon, tiga kali pertemuan menggunakan strategi belajar The Learning Cell, pada pertemuan keempat mengadakan pos-trespon. Data yang didapat di analisis dengan menggunakan rumus tes-t, dengan melalui uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas data. Berdasarkan hasil setelah uji tes “t” Diperoleh thitung>ttabel (3.04 > 2,65) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (64,65 > 59,29). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Adanya perbedaan tersebut dapat dilihat dari mean pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada mean pada kelas kontrol yang menunjukkan bahwa penggunaan strategi belajar The Learning Cell memberikan pengaruh yang positif terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:43
Last Modified: 27 Aug 2019 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item View Item