FITRIA, 11211200355 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (709kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pada strategi belajar The Learning Cell terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu: “Apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell terhadap keaktifan belajar siswa?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi ksperimen. Dalam hal ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru bidang studi sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 40 Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 40 Pekanbaru dengan menggunakan strategi belajar The Learning Cell. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi, dalam penelitian ini pertemuan dilakukan sebanyak empat kali, pada pertemuan pertama ini tanpa perlakuan tindakan dan mengadakan prerespon, tiga kali pertemuan menggunakan strategi belajar The Learning Cell, pada pertemuan keempat mengadakan pos-trespon. Data yang didapat di analisis dengan menggunakan rumus tes-t, dengan melalui uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas data. Berdasarkan hasil setelah uji tes “t” Diperoleh thitung>ttabel (3.04 > 2,65) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (64,65 > 59,29). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Adanya perbedaan tersebut dapat dilihat dari mean pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada mean pada kelas kontrol yang menunjukkan bahwa penggunaan strategi belajar The Learning Cell memberikan pengaruh yang positif terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 03:43 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18390 |
Actions (login required)
View Item |